Rabu, 06 Juni 2012

BUKU PANDUAN PIK-STIKES DHARMASRAYA



BUKU PANDUAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING MAHASISWA
( PIK-M )

DI SUSUN OLEH :



STIKES
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN DHARMASYA

BUKU PANDUAN PIK-M
STIKES DHARMASRAYA
I. DEFENISI
Pusat Informasi Konseling (PIK) merupakan unit kegiatan yang menjadi pusat kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi remaja seperti :
  • Konseling
  • Sosialisasi tentang kesehatan reproduksi remaja
  • Rujukan bagi kasus yang memerlukan terapi medis
  • Penyediaan buku-buku bacaan yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi remaja
  • Roadshow PIK M ke SMA-SMK, SMP.
  • Pembuatan mading dan leaflet

II. LATAR  BELAKANG
Remaja merupakan kelompok  yang berisiko tinggi terhadap kehamilan yang tidak diinginkan serta berbagai penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Hal tersebut dijumpai pada remaja hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data Studi Mengenai Perilaku Seksual Kawula Muda di empat kota besar di Indonesia, terungkap rata-rata remaja melakukan hubungan seksual pertama kali pada usia 18 tahun.
Coba kita bayangkan, hasil survey LSCK & PPBH 1999-2002 di Yogyakarta, 97,05% dari 1.660 mahasiswi telah hilang kegadisannya. Mereka melakukan dengan cara coitus interuptus 73%,  menggunakan alkohol 27%.  Tempat melakukan pun beragam, 63% di tempat kos pria, 21% di Hotel Melati, 14% di kos puteri dan  2% di tempat wisata. Faktor paling mempengaruhi remaja melakukan hubungan seks pranikah (300% lebih besar) bila ia punya pacar, teman yang bersikap setuju dengan hubungan seks pra nikah, Teman yang mendorong untuk melakukan seks pra nikah (Analisa lanjut SKRRI 2002).

Beranjak dari realita di atas tepat pada tahun 2007 Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membentuk Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa sebagai Center of Excellence. Program ini targetnya adalah mahasiswa. Berupa membentuk pusat konseling di kampus-kampus.
Nantinya, beberapa mahasiswa dilatih untuk menjadi konseling sebaya. Menjadi tempat bagi mahasiswa lain untuk bertanya, berkonsultasi sekaligus berbagi ilmu seputar kespro. Selanjutnya menyiapkan tenaga Pendidik Sebaya dan pemberian pelayanan Pendidikan Sebaya Menyiapkan tenaga Konselor Sebaya dan pemberian pelayanan Konseling.
PIK mahasiswa juga tidak tertutup untuk dikunjungi oleh remaja-remaja luar kampus. Bahkan PIK mahasiswa diharapkan menjadi tempat magang bagi PIK remaja yang saat ini ada di sekolah-sekolah.
III. TUJUAN
Tujuan  umum  dari  PIK  Mahasiswa adalah  dalam  rangka meningkatkan  akses  dan  kualitas pelayanan  program  penyiapan  kehidupan  berkeluarga  bagi  mahasiswa.
Tujuan khususnya  antara  lain: 
1)  membentuk  Pusat  Informasi  dan  Konseling  Mahasiswa  (PIK Mahasiswa)  di  kampus. 
2)  meningkatkan  Pusat  Informasi  dan  Konseling  Mahasiswa  (PIK Mahasiswa)  dari  tahap  Tumbuh  menjadi  tahap  tegak  dan  tahap Tegar.
3) Mengembangkan Pusat  Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK Mahasiswa)  sebagai pusat unggulan (center of excellence)
IV. MAMFAAT
·         Sebagai sarana bagi mahasiswa lain untuk bertanya tentang (Kespro, Nafza, Hiv/Aids dan pendewasaan usia kawin)
·         Sebagai tempat berkonsultasi dan berbagi ilmu (Kespro, Nafza, Hiv/Aids dan pendewasaan usia kawin)
·         Memberi pelayanan konseling.



V. STURUKTUR
Penanggung jawab
Ita Dwi Aini
Pembina
Herianto Hasibuan
Ketua umum
Ridho Rizqiana
Ketua 1
Joko Waluyo
Sekretaris                                                       Bendahara
                        Lusi Wulandari                                             Anggi Intan Purnama Sari
                    Afriadi Martha Chandra                                              Eko saputro       
KABID
SEKSUALITAS
Koor : Redi
1. Putri Maemanah
2. Ulil Amri
3.Siti Asiah
4. Irmawati
NAPZA
Koor : Intan
1. Hutrizal
2. Septika
3. M. Reza
4. Pebin

HIV/AIDS
Koor : Angga
1. Kartika
2. Roza
3. Nanda
4. Oktarina
PUP
Koor : A. Yani
1. Vera Aldila
2. Anisa
3. Sri Sutanti

HUMAS
Koor : Syaibatul (Napza)
1.Sovia (Seks)
2.Sukarni (HIV)
3.Dira (PUP
KEROHANIAN
Koor : Agus (Napza)
1.Muttaqin (HIV)
2.Melisa (Seks)


VI. VISI & MISI
Visi
·                     Menjadikan remaja yang sehat, kreatif, mandiri dan berakhlak mulia dalam rangka terwujudnya keluarga yang berkualitas
            Misi
·         Menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pelayanan kesehatan reproduksi remaja tentang Triad KRR (SEKSUALITAS, NAPZA dan HIV/AIDS).
·         Mewujudkan keluarga yang berkualitas dan pendewasaan usia perkawinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar